Vacation

            Liburan akhir semester kemarin kita sekeluarga di ajak saudara liburan, tapi dia nanya ke saya “enaknya liburan kemana nih?” sebenarnya saya juga bingung mau kemana, kebetulan kita waktu itu sekeluarga pernah menginap di kota bunga cipanas, nah, saya bilang aja “ke kota bunga aja gmna?”. dan saudara saya langsung setuju. lokasinya gak jauh sesudah puncak pass, sesudah ciloto tapi belum masuk cipanas. ada gapuranya besar belok ke kiri. browsing-browsing, akhirnya tertarik dgn vila tema jepang. namanya Osaka. untuk vila dengan 3 kamar tidur ratenya rata-rata Rp 700 – 900rb/malam. namun kemarin karena hari kerja kali ya, jadi kita dapat rate 600rb/malam.

            Sebetulnya kalau browsing vila di kota bunga, akan muncul banyak pilihan tema vila, karena kota bunga cipanas ini konsepnya real estate bertema mancanegara. jadi ada tema eropa, amerika, asia dll. tapi saya pikir kalau mau pilih vila ala eropa dan amerika, apa bedanya ya dengan rumah di jkt. paling-paling ya 2 lantai, interior ya mirip-mirip lah. kalau mau beda experiencenya, mungkin tema jepang ya. rumahnya beda dgn garis-garis kotak-kotak di pintu dan jendela-nya, modelnya sliding dll. akhirnya saya jatuhkan pilihan ke Osaka  ini. karena kasur tidurnya juga gak pakai tempat tidur, tetapi di lantai. mirip kayak tatami ala jepang lah. sewaktu sampai di vila pun saudara komentar…. waaahh jendelanya bulat ya, bukan kotak-kotak.

            Pemilik Osaka ini namanya Mbak Vika. kebetulan waktu itu dia turun tangan langsung mengatur segalanya di lokasi, jadi kita cukup puas dgn servisnya dan yg pasti vilanya terawat rapih dan bersih. istilahnya, baunya juga bau rumah yg ditinggalin, bukan rumah kosong🙂. seperti biasa vila akan termasuk fasilitas komplit: tv, water heater, dapur dgn peralatan lengkap. di dapurnya sudah ada rice cooker dan air mineral 1 galon. alat bbq juga ada, arang atau gas juga disediakan. kalau mau beli sayur di pasar terdekat, juga bisa minta tolong penjaga vila untuk membelikannya. pokoknya mereka siap membantu

            Yang saya suka disini, di vila juga tersedia beberapa sepeda. kita bisa request mau ukuran untuk dewasa maupun utk anak-anak. ada bola plastik juga dan raket bulu tangkis. mantab kan, apalagi kalau yg anak-anaknya laki-laki. permainan siap sedia. selama disana, anak-anak bebas main di jalan depan vila, bisa main bola, main layangan, main balon tiup. karena lokasinya kebetulan jauh dari keramaian lalu lintas komplek.

            Di kota bunga itu juga ada fasilitas kolam renang air hangat (dihari tertentu), little venice – danau buatan berbentuk kota venesia, dimana kita bisa keliling naik boat atau gondola keliling. kita semua senang sekali main disana, apalagi waktu main bola di lapangan kecil samping vila. dan juga naik sepeda. seru banget. selain itu juga ada amusement park untuk anak-anak, namanya arena fantasi, ada kuda-kuda juga yg bisa kita sewa untuk keliling, kereta mobil yg bisa ajak kita keliling kota bunga lihat-lihat rumah/vila yg lain. lumayan untuk ide aktifitas selama disana.

            Nahh, kalau mau santai, saat pilih vila sebaiknya cek dulu tuh, vilanya dekat lokasi little venice atau arena fantasi bukan. karena biasanya disitu jadi ramai karena banyak mobil parkir dan orang-orang berjualan. tentunya jadi lebih ramai dan bising. apalagi kota bunga juga ada jalan tembus untuk penduduk kampung sekitar. biasanya mereka sore-sore jadi sering masuk ke kota bunga, dengan motor maupun jalan kaki, hanya untuk sekedar jalan-jalan atau berkelompok duduk-duduk ngeriung. buat saya jujur kurang nyaman ya, karena disana niatnya mau santai-santai… makanya lebih baik pilih lokasi yg agak sepi

            Oh iya Mbak Vika pemilik Osaka ini kebetulan sangat memperhatikan hal-hal seperti ini. dia akan mengusahakan orang-orang asing tidak “nongkrong” disekitar vila tamunya. urusan listrik yang dikit mati karena hujan deras atau giliran mati listrik, juga sudah dipikirkan, karena di vila-vila milik mbak ade ini ada genset-nya. kalau buka link website vila mbak ade ini, ada foto-fotonya, ya apa yg difoto itu persis dengan kenyataannya. kebetulan saya lupa apa nama websitenya haha.

            Oh iya, karena ada dapur lengkap, kemarin kita ajak si mbak juga untuk bantu masak-masak. tapi ternyata kata mbak ade, kalau mau ada catering juga bisa. jadi kita nggak pusing lagi untuk urusan makanan

            Nah itu tadi sedikit cerita liburan saya di kota bunga cipanas. coba sekarang bayangkan, dengan rate sekitar rp 600-700rb/malam untuk 3 kamar, dengan fasilitas begitu lengkap dan nyaman, mana mungkin dapat seperti ini di hotel. bener kan?

            Tapi ada satu lagi yang ingin diceritakan lagi, waktu pulang dari kota bunga itu kami menyempatkan untuk makan di rumah makan padang “Sederhana”, lokasinya tepat sebelum masuk tol. nah, karena ini rumah makan padang, biasalah pasti kalau rombongan pasti makanannya disajikan juga berupa rombongan makanan, yang cara pembawaannya itu sangat unik, yang pasti kalian sudah tau soal ini, yaitu ditumpuk piring-piring kecil berisi lauk-lauk khas masakan padang, diletakan di kedua tangan pelayannya,

            Ada banyak macam lauk yang disajikan, diantaranya rendang, gulai gajebo, soto padang, dendeng balado, gulai kepala ikan kakap disertai sambal balado, sambal ijo, kentang sambal balado, dll. sejujurnya saya kalau dihadapkan banyak pilihan makanan kaya gini jadi bingung mau makan yang mana, karena semua enak-enak. tapi rendang adalah pilihan utama saya.

            Dan akhirnya kami semua selesai makan, pastinya pembayarannya yang dihitung hanya lauk yang dimakan saja yang dihitung, gak semuanya yang disajikan. Waktu itu kalau tidak salah habis Rp 3.25.000. pas lah untuk ukuran rombongan. dan pada akhirnya kami pun semua kembali pulang.

            Itulah sedikit cerita liburan saya dari kota bunga sampai makan di rumah makan padang “Sederhana” dan kembali pulang. Terima Kasih.

About dwizeru
Manusia diciptakan untuk saling mengisi, Perbedaan itu indah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s