Berbicara tentang Layanan Telematika, Teknologi Wireless, dan Middleware

Pada kesempatan ini saya akan membahas 3 pembahasan tentang “Layanan Telematika, Teknologi Wireless, dan Middleware”. Lumayan untuk menambah pengetahuan kita semua😀

Pertama kita akan membahas tentang “Layanan Telematika”. Untuk Layanan telematika ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya yaitu dengan judul “Telematika”.

1. Layanan Telematika

Layanan Telematika itu sendiri adalah Layanan dial up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Menurut informasi yang berkembang, layanan telematika digunakan dalam beberapa bidang, diantaranya yaitu :

😀 Bidang Layanan Informasi.

😀 Bidang Layanan Keamanan.

😀 Bidang  Layanan Context-Aware dan Event Base.

😀 Bidang  Layanan Perbaikan Sumber.

 

A.  Bidang Layanan Informasi

Penggabungan dari telekomunikasi digital dan teknologi komputer untuk dapat memberikan informasi dan sebagai sarana komunikasi masyarakat. Layanan informasi yang diberikan harus dapat mencapat 4 pola lalu lintas informasi yaitu alokasi, pembicaraan, konsultasi dan juga registrasi. Arus informasi yang disampaikan harus dapat diterima oleh penerima informasi sesuai dengan informasi dari sumber sesungguhnya, tanpa diberi “bumbu” yang mebuat informasi tersebut tak lagi aktual. beberapa contoh penggunaan layanan telematika pada bidang informasi :

  • Warung Telepon.
  • Warung Internet.
  • E-Commerce.

B.  Bidang Layanan Keamanan

Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamanan informasi dan data. Layanan itu sendiri terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin. Contoh layanan keamanan yaitu:

(Navigation assistant, Weather stock information, Entertainment and M-commerce, Penggunaan Firewall dan Antivirus).

C.  Bidang Layanan Context-Aware dan Event Base

Suatu teknologi yang disebut context-aware computing dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan menjadi trend yang penting untuk dikembangkan di masa depan. Dengan adanya context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi input yang banyak secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya. Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.

D.  Bidang Layanan Perbaikan Sumber

Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.

 

2. Teknologi Wireless

Selanjutnya kita membahas Teknologi wireless, sebelum membahas lebih lanjut kita mengenal Wireless terlebih dulu, apakah arti Wireless itu sendiri?…

Wireless atau disebut juga nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.

Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup menganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti bersamaan. Misalnya: untuk menghubungkan sebuah 1 komputer server dengan 100 komputer client, dibutuhkan minimal 100 buah kabel, dengan panjang bervariasi sesuai jarak komputer klien dari server. Jika kabel-kabel ini tidak melalui jalur khusus yang ditutupi (seperti cable tray atau conduit), hal ini dapat mengganggu pemandangan mata atau interior suatu bangunan. Pemandangan tidak sedap ini tidak ditemui pada hubungan antar piranti berteknologi nirkabel.

Teknologi wireless menggunakan udara sebagai meddia transmisi atau perantara untuk melakukan pertukaran data. Meskipun demikian tetap ada batasan jarak tertentu seberapa jauh peralatan yang menggunakan teknologi wireless dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Penggunaan teknologi wireless tidak hanya diterapkan pada dunia komputer saja, tetapi juga pada bidang-bidang lain seperti bidang telekomunikasi. Mungkin anda sudah tidak asing dengan kata GSM, CDMA, GPRS, EDGE, WCDMA, atau HSDPA pada ponsel atau PDA yang kesemuanya hadir untuk menggantikan peran kabel pada pesawat telepon PSTN dirumah anda.

Teknologi Wireless yang digunakan untuk akses internet, contohnya :

a. Infrared(IR).

b. Wireless wide area network (bluetooth).

c. Radio Frequency (RF).

d. Wireless personal area network /telepon seluler(GSM/CDMA).

e.  Wireless lan (802.11).

Kategori dari jaringan wireless antara lain :

1. Wireless Personal Area Network (WPAN).

2. Wireless Local Area Network (WLAN).

3. Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)

4. Wireless Wide Area Network (WWAN).

 

3. Middleware

Sampai juga di pembahasan terakhir kita kali ini. Terakhir kita akan mencoba membahas tentang “Middleware” secara singkat dan mudah-mudahan jelas hehe😀.

Middleware adalah software yang menyambungkan komponen dan atau aplikasi guna mendukung operasional aplikasi dalam lingkungan jaringan terdistribusi, termasuk web servers, application servers, content management systems, dan perkakas sejenis yang menopang pengembangan. Middleware terutama merupakan bagian dari basis informatika modern untuk XML, SOAP, Web services dan service-oriented architecture lainnya. Middleware pada prinsipnya adalah teknologi yang meng-integrasikan dua atau lebih software aplikasi atau lapisan antara sistem operasi dan aplikasi untuk memungkinkan pertukaran data.

Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi mainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda.

Middleware yang paling banyak dipublikasikan :

  • Open Software Foundation’s Distributed Computing Environment (DCE),
  • Object Management Group’s Common Object Request Broker Architecture (CORBA),
  • Microsoft’s COM/DCOM (Component Object Model).

Layanan Middleware menyediakan kumpulan fungsi API (Application Programming Interfaces) yang lebih tinggi daripada API yang disediakan sistem operasi dan layanan jaringan yang memungkinkan suatu aplikasi dapat :

–  Mengalokasikan suatu layanan secara transparan pada jaringan.

–  Menyediakan interaksi dengan aplikasi atau layanan lain.

–  Tidak tergantung dari layanan jaringan.

–  Handal dan mampu memberikan suatu layanan.

–  Diperluas (dikembangkan) kapasitasnya tanpa kehilangan fungsinya.

Adapun fungsi dari middleware adalah:

  • Menyediakan lingkungan pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi.
  • Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
  • Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.

 

Sekian dari postingan kali ini, mohon maaf apabila ada kesamaan dari penyampaian pembahasan tadi, semoga bermanfaat untuk semuanya. Terima Kasih🙂😀

 

Referensi: 1, 2, 3, 4, 5, 6.

About dwizeru
Manusia diciptakan untuk saling mengisi, Perbedaan itu indah.

One Response to Berbicara tentang Layanan Telematika, Teknologi Wireless, dan Middleware

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s